Selasa, 19 Juni 2012

Public Space Design | COPD Center


Project Title   : Public Space
Scope  : Interior Design Concept
Project Type  : Academic Assignment
Floor Area  : ±12.878 m2 (6 floors)
Completion  : June 11st, 2009
Design Concept  : “A Soothing Healing Place”

Berikut adalah salah satu desain hasil karya WeDesign saat kuliah. Jeng Vini mencoba menantang dirinya untuk mendesain rumah sakit khusus untuk pusat penanganan PPOK. Apa itu PPOK? PPOK adalah singkatan dari "Penyakit Paru Obstruksi Kronis," yaitu penyakit paru yang umumnya disebabkan akibat efek merokok atau terpapar polusi selama bertahun-tahun. Jadi, nggak heran kalau target penggunanya adalah kalangan paruh baya hingga lansia, yaitu segmen usia 40 tahun ke atas.

Sungguh kenangan mendesain yang menyenangkan. Jeng Vini jadi belajar banyak hal tentang karakteristik dan perilaku kalangan lansia, yang juga sangat membantu dalam mengerjakan skripsinya. Mungkin inilah yang namanya sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. :)

Konsepnya adalah sebuah tempat penyembuhan yang menenangkan. Konsep ini dipilih karena fasilitas ini akan diperuntukkan bagi pasien dengan masa rawat inap yang panjang. Penanganan PPOK memang membutuhkan waktu tidak sebentar, bahkan bisa hingga beberapa minggu. Sehingga sangat wajar jika pasien membutuhkan lingkungan yang nyaman serta menenangkan, agar mereka dapat lebih rileks dalam menjalani pengobatan.

Desain Lobby Utama
Desain Kamar VIP | View 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar